Connect with us

Kesehatan

Manfaat meminum teh setiap hari pahami dampak risikonya bagi tubuh

Published

on

Halo sobat setia pengunjung blog info sehat. Apa kabar sobat semua. Senang sekali admin bisa kembali menyapa sobat semua dengan update postingan.
Nah bicara postingan kali ini kita akan bahas tentang teh.
Ada manfaat yang didapat pasti ada juga risikonya…seperti apa pembahasannya yuk kita langsung menuju TKP.
Siapa yang tidak kenal dengan minuman teh. Bagi semua kalangan rakyat Indonesia sudah pasti, teh menjadi minuman yang sering kali kita jumpai dalam berbagai momen.
Namun tahukah sobat bahwa dengan meminum teh tiap hari ternyata kita dapat merasakan manfaat secara langsung. Hal ini disebabkan karena didalam teh terkandung antioksidan yang ternyata dipercaya sangat berguna dalam memperbaiki sel yang rusak dan mampu mencegah tubuh dari terserang penyakit.
Hal senada juga diungkap oleh seorang Ahli bedah Ortopedi (Anthony Kouri) Seperti di kutip dari Laman Reader’s Digest tentang apa saja manfaat yang didapat dari mengkonsumsi minuman teh ini. Berikut penjelasannya.
1. Minuman teh berguna dalam meningkatkan sistem metabolisme.
Manfaat ini bisa kita dapatkan  karena didalam teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan ketajaman mental dan metabolisme dalam tubuh. Bahkan dengan mengkonsumsi teh juga dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 100 kalori setiap harinya. Dengan catatan kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi nya. Sebagai pengingat bahwa batas aman mengkonsumsi kafein bagi kesehatan tidak lebih dari 300-400 mg setiap hari.
2. Mengkonsumsi teh dapat memperbaiki pola tidur seseorang.
Bagi Anda yang sering mengalami gejala susah tidur atau imsomnia ringan hingga sedang cobalah meminum teh hangat sebelum tidur. Seperti yang telah diungkap berdasarkan penelitian di
Integrative medicine research bahwa meminum teh hangat mampu mengatasi gangguan sulit tidur.
3. manfaat meminum teh juga ternyata bagus terhadap jantung.
Anti-inflamasi teh mampu  membuat pembuluh darah rileks dan dapat mengurangi tekanan pada Jantung. Menurut Dr. Kouri, katekin  mengurangi peradangan dengan demikian menghambat pembentukan plak di arteri vital.
4. Mampu Mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu.
Sudah Sejak lama, anti-oksidan dan senyawa yang ditemukan didalam teh dikenal mempunyai keterkaitan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah.
Menurut Uma Naidoo, Direktur Nutrisi dan Gaya Hidup Psikiatri, efek menguntungkan ditemukan pada kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara. Dengan Minum teh hitam dengan teratur ternyata memberikan efek signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa,” menurut Naidoo.
5. Menurunkan risiko terkena Diabetes.
Dengan Minum teh hitam setiap hari dipercaya mampu menurunkan risiko terken diabetes tipe 2. Teh hitam berguna dalam membantu mengendalikan gula darah setelah makan. 
Dalam sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, Teh hitam bisa menurunkan gula darah &  setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.
6. Bantu bikin gigi Anda lebih kuat.
Tidak bisa dipungkiri dengan meminum teh dapat menyebabkan gigi anda sedikit ternoda. Akan tetapi tidaklah menjadi masalah yang berarti jika melihat dari manfaat lain yang anda dapat.
Sebab, berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, didalam kandungan teh hijau mempunyai efek anti-bakteri yang ternyata mampu mengurangi bakteri pembentuk rongga dalam mulut.
Manfaat laim yang anda dapat juga adakah  meminum teh hijau secara rutin dapat membuat gigi berlubang anda tidak terlalu parah.
7. Mampu Kurangi risiko penyakit Alzheimer.
Sebagai pengingat Penyakit Alzheimer adalah merupakan penyakit otak yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan dalam berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap.
Dengan Minum teh hijau setiap hari dipercaya dapat membantu mengembangkan resistensi terhadap stres, dan berpotensi penyakit Alzheimer. Polifenol berguna dalam melindungi sel dari kerusakan.
8. Meminum teh mampu membantu meningkatkan fokus anda.
Kandungan Kafein dalam teh mampu meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Theanine adalah asam amino  unik untuk teh. Dapat meningkatkan perhatian dengan mengendurkan otak, tetapi akan menstimulasinya ketika saatnya  harus fokus.
Itulah pembahasan tentang manfaat dari mengkonsumsi teh. Pembahasan kita selanjutnya akan terasa kurang lengkap jika tidak membahas juga tentang risiko apa yang dapat diakibatkan dalam mengkonsumsi minuman teh.
Penasaran seperti apa berikut pembahasan tentang resiko yang dapat diterima dari mengkonsumsi minuman teh :
1.Teh ternyata tidak cukup menyerap zat besi.
Kandungan Catechin dalam teh bisa menghambat kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan anemia. Meskipun kebanyakan mereka yang sehat tidak akan terpengaruh dengan hal ini. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki kekurangan zat besi atau anemia harus sedikit menjauhkan diri dari meminum teh hijau dalam jumlah yang besar. Sebaiknya anak-anak, wanita hamil, dan siapa saja dengan riwayat penyakit ginjal lebih berhati-hati menyikapi hal ini.
2. Risiko selanjutnya ialah berpeluang lebih tinggi mengalami pendarahan.
Di ungkapkan Michelle Lee, MD, seorang ahli bedah plastik bersertifikat di Beverly Hills, California. Beliau meminta semua pasien untuk berhenti minum teh dua hingga tiga minggu sebelum operasi. Karena dengan meminum teh dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan resiko pendarahan akibat luka kecil atau benjolan.
3. Risiko meminum teh dapat membuat obat bisa  tidak berfungsi..
Ternyata  Katekin dalam teh dapat membuat beberapa obat jantung dan tekanan darah terganggu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memantapkan untuk meminumnya setiap hari.
4. Berapa banyak sih sebenarnya teh yang aman saya minum?
Sesuai saran Dr. kouri guna mendapatkan manfaat efektif dari teh hijau, sebaiknya dikonsumsi tiga hingga 5 cangkir setiap hari.
Ada baiknya saat memilih teh, pastikan tidak menggunakan pemanis buatan dan bahan pengawet.
Sekali pun jika dalam beberapa teh beraroma tidak mengandung kalori, mereka masih dapat mengandung pemanis buatan dan pengawet.

Alangkah lebih baiknya jika lebih berhati hati dalam menentukan pilihan yang pas jika hendak mengkonsumsi teh.

Nah jadi sekarang sobat sudah tahu kan manfaat apa saja dan resiko apa saja dari mengkonsumsi minuman Teh.
Konsultasikan dengan dokter dan mari mulai sekarang kita hidup sehat dimulai dari hal kecil.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Copyright © 2016-2020 | www.agen87.com

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: