Connect with us

Kesehatan

Manfaatkan ASI AGAR ANAK TUMBUH SEHAT DAN KUAT

Published

on

Deskripsi

Assalamualaikum

Pemberian ASI bagi bayi berperan sangat penting bagi si bayi tersebut.

Saking pentingnya manfaat Air Susu Ibu ( sering disebut ASI ibu) bagi bayi membuat pemerintah Indonesia menetapkan peraturan tentang pemberian Asi Ekslusif selama 6 bulan. Hal ini tertulis pada Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2012. Ini sudah jelas bahwa sibayi berhak mendapatkan  ASI.

Kan sudah banyak susu formua di pasaran dengan kandungan gizi yang hampir sama dengan ASI Ibu…? Tinggal beli perkara beres…ya toh…

Ok, sekarang simak mengapa Pemerintah Indonesia Sampai menerapkan Peraturan seperti yang tertuang pada petikan diatas.

Tentu adalah menjadi hal yang harus diperhatikan , Jika sampai Pemerintah saja menerapkan peraturan.

Berikut adalah alasan manfaat ASI bagi bayi yang perlu kita ketahui sehingga nantinya diharapkan buat Ibu si bayi agar lebih bersemangat dalam menyapih sikecil.

Berikut adalah beberapa uraian  mengapa Asi begitu beaar Manfaatnya bagi si kecil.

 Yang Pertama dari memberikan ASI bagi sikecil adalah dapat mewarisi ANTIBODI.

Selama dalam kandungan ibunya selama kurang lebih 6 bulan, si janin akan mendapatkan nutrisi dan saripati penting yang didapat dari ibunya lewat tali pusarnya hal ini akan terhenti ketika si bayi telah lahir dan akan digantikan peeananya dengan pemberian ASI, oleh ibu sikecil.

Perlu di ketahui bahwa  ASI  terbentuk dari darah ,sehingga ASI ibu akan secara otomatis membawa saripati dan segala sesuatu yang diperlukan guna  proses tumbuh kembang  sibayi yang meliputi antibodi dan imunitas.
DNA dan RNA masuk ke tubuh si kecil disebut dapat mempengaruhi atau mewarisi sifat karakter dari ibu yang menyusuinya.

Hal ini jugalah yang membuat produk susu formula yang banyak beredar di pasaran sampai kapanpun tidak akan pernah dapat disetarakan atau bahkan digantikan dengan susu formula tersebut.

Kedua Bayi Yang Mendapat asupan ASI dari Ibunya Juga akan memiliki Tingkat kekebalan yang lebih baik. Daya imun tubuh akan menjadi lebih kuat, ketimbang bayi yang dicekokin susu Formula.
Alasanya adalah karena ASI mengandung faktor-faktor protektif (pelindung) yang sangat dibutuhkan tubuh terdiri dari Antibodi ,enzim dan hormon, sel-sel darah putih.

Air susu ibu (ASI) ,terutama kolostrum mengandung Immunoglobulin (Ig) yaitu : IgA ,IgE ,IgM dan IgG. Immunoglobulin yang utama terdapat di dalam ASI adalah IgA ,yang berperan sebagai antiseptic intestinal paint yang melindungi permukaan usus bayi terhadap invasi atau masuknya mikroorganisme patogen penyebab penyakit dan protein asing, anak yang tidak mendapatkan ASI lebih berpeluang menderita diare oleh invasi bakteri-bakteri patogen , karena tidak memiliki kekebalan tubuh yang mampu melawan bakteri-bakteri tersebut.

🥛Selain itu ASI tersusun oleh zat-zat yang memiliki konsentrasi yang sesuai dengan kondisi pencernaan bayi, sehingga menyebabkan pertumbuhan badan seimbang dan ideal.
Berbeda dengan kandungan susu formula ,yang memerlukan pengenceran dengan konsentrasi atau kadar tertentu (sesuai dengan kemampuan daya serap saluran cerna bayi). Jika terlalu cair/encer maka dapat menyebabkan bayi kekurangan gizi, sehingga pertumbuhannya terhambat, sebaliknya jika terlalu pekat juga dapat memicu terjadinya obesitas pada bayi.

Manfaat lain pemberian ASI kepada sikecil berupa interaksi yang terjadi antara ibudan dan bayi melalui kontak kulit secara langsung ketika proses menyusui. Hal ini memberikan efek positif pada perkembangan psikologis sibayi, perasaan aman dan nyaman yang dirasakan oleh bayi terbentuk dari keterkaitan emosional antara bayi dan sang ibu, sentuhan cinta dan kasih sayang sang ibu akan menjadi landasan kokoh bagi bangunan psikologi anak.

Beberapa alasan diatas adalah manfaat memberikan ASI bagi sibuah hati.

Mari kita jaga generasi penerus bangsa Kita lebih sehat dan lebih baik lagi. Dimulai dari diri sendiri dan keluarga ya…

Ok sekian dulu apa yang dapat admin bagikan semoga dapat memberikan kebaikan dan berguna bagi kita dan generasi-generasi selanjutnya.

Terimakasih

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Copyright © 2016-2020 | www.agen87.com

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: