Connect with us

Bisnis & UKM

Mau jadi reseller? Apa sih reseller dan gimana cara kerja jadi reseller.

tips sukses binnis reseller raih omset jutaan rupiah

Published

on

Agen87.com – sobat semua pasti pernah mendengar kata-kata reseller. Seiring dengan semakin maraknya transaksi yang dilakukan secara online, maka semakin berkembang pula metode-metode yang dilakukan, guna memaksimalkan potensi yang semakin harinya semakin meningkat.

Seperti yang sering kita dengar salah satunya adalah istilah reseller. Reseller sendiri, sejatinya adalah bukan istilah baru bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia industri perdagangan.

Ilustrasi gambar pixabay.com

Akan tetapi mungkin dari kita ada sebagian yang belum paham apa sih yang disebut dengan reseller.

Metode reseller sendiri, akhir-akhir ini begitu banyak diminati oleh banyak kalangan. Alasannya mudah saja karena dalam menjalani bisnis reseller ini bisa dilakukan dengan tanpa modal dan menjadi salah satu lahan alternatif bisnis yang menggiurkan dalam menambah penghasilan sobat semua.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas Apa sih pengertian reseller, keuntungan atau kerugian dan jenis usaha apa saja yang dapat dikerjakan dengan metode reseller ini Serta bagaimana cara kerjanya cara kerjanya bagaimana cara kerjanya cara kerjanya cara kerjanya.

Oke sobat langsung saja kita ke pembahasan seputar reseller pada postingan Kali ini.

Apa sih Reseller itu?
Pembahasan pertama adalah seputar pengertian dari metode reseller. Mungkin banyak diantara kita semua yang masih kesulitan dalam memahami ataupun membedakan dengan metode bisnis lainnya.

Reseller adalah merupakan kegiatan menjual kembali barang ataupun jasa yang disediakan oleh pihak lain dengan harga yang lebih tinggi ataupun dengan harga khusus yang sudah ditetapkan oleh pihak yang menyediakan barang atau jasa tersebut.

Reseller sendiri sejatinya adalah merupakan bahasa Inggris, yaitu kata dasar sel yang artinya menjual yang artinya menjual serta imbuhan Re,  yang bila digabungkan mempunyai arti “menjual kembali”,  dengan akhiran er yang jika digabung mempunyai makna  “seseorang yang menjual kembali”.

Metode reseller ini sejatinya bukanlah hal yang baru hal yang baru dalam dunia perdagangan. Bahkan metode ini sejatinya sudah muncul sejak lama sebelum munculnya era internet seperti pada saat sekarang ini.

Kata reseller yang sekarang dikenal di era internet dan transaksi online pada saat ini ini pada zaman dahulu Lu sudah dikenal dengan istilah makelar atau calo bahasa bekennya broker.

Cara kerja reseller.


Setelah kita mengetahui apa itu reseller maka tulisan berikutnya akan kita lanjutkan dengan cara kerja reseller.
Cara kerja reseller dan makelar sebenarnya tidaklah jauh berbeda yaitu pelaku bertindak sebagai perantara.

Perantara yang dimaksud adalah perantara bagi pencari produk ataupun jasa dengan mereka yang mempunyai produk maupun jasa tersebut,  yang pada akhirnya nya makelar akan menambahkan biaya tambahan atas pekerjaan mencarikan produk maupun jasa tersebut.

Keuntungan dan kerugian menjadi reseller.

Tentu saja dalam metode bisnis kita dalam metode bisnis kita banyak menemui berbagai hal positif atau yang menguntungkan dan juga di sisi lain ada hal negatif atau merugikan seperti halnya pada metode riseller yang kita bahas kali ini.

Kelebihan atau keuntungan menjadi reseller.

Salah satu keuntungan yang dapat kita dapatkan dalam metode bisnis reseller adalah pada kelebihan harga atau profit Margin yang dapat kita tetapkan pada produk maupun jasa milik penyedia yang nantinya akan kita jual kembali kepada orang lain.

Tidak hanya itu saja selain mendapatkan profit margin dari penyedia jasa ataupun produk  reseller juga akan mendapatkan potongan harga yang lebih murah dari penyedia jasa maupun produk tersebut.
Hal ini tentu saja akan semakin menambah keuntungan reseller.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain bagi reseller.

Terlebih lagi jika Anda mendapatkan penyedia produk maupun jasa di mana anda anda tidak diharuskan untuk membayar terlebih dahulu produk maupun jasa tersebut,  sebelum produk tersebut laku anda jual kembali. Tentu saja hal ini akan menjadikan keuntungan di mana reseller tidak harus mengeluarkan modal yang besar.

1. Tidak memerlukan stok barang berlebih.
2. Tidak adanya biaya maupun proses produk barang atau jasa.
3.  tidak memerlukan biaya yang besar dalam  pemeliharaan barang.

Kerugian menjadi reseller.

Disamping mempunyai beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan tentu saja ada beberapa kerugian jika kita menerapkan metode bisnis reseller yang mungkin akan anda alami pada saat menjalankan nya nanti.

Kerugian yang sering didapat dari seorang reseller salah satunya adalah resiko barang yang disediakan oleh pihak penyedia tersebut ternyata tidak standar atau kurang sesuai dengan yang ditetapkan oleh pelanggan anda. Tentu saja hal ini akan membuat Anda menerima komplainan dari mereka atas ketidak puasan dari produk ataupun jasa yang mereka terima.

Berikut ini adalah beberapa kerugian lainnya yang mungkin sobat dapatkan saat menjalani metode bisnis Reseller :

Tidak dapat menjaga kualitas produk (sangat tergantung dari penyedia atau supplier sobat)

Harga yang tersedia dari suplier anda dapat berubah sewaktu-waktu.

Stock barang yang tidak bisa sobat atur dan dikelola sendiri.

Umumnya harga jual anda akan lebih tinggi jika dibandibgkan dengan pesaing lain. Kecuali bila sobat memperoleh potongan harga yang signifikan dari supplier sobat.

Jenis – jenis usaha apa saja yang dapat menggunakan metode reseller ini, berikut pembahasan selanjutnya :

Ada beberapa macam Usaha yang dapat kita kerjakan dengan metode reseller ini.
Metode metode reseller ini pada umumnya tidak hanya terbatas terhadap produk saja, akan tetapi sobat juga dapat menawarkan jasa yang dilakukan orang lain kepada mereka yang membutuhkan jasa tersebut.

Tentu saja setelah Beberapa kesepakatan anda peroleh dari penyedia jasa tersebut.

Misalnya saja anda mempunyai kenalan yang punya usaha dibidang catering,  Anda dapat menawarkan jasa tersebut kepada mereka yang membutuhkan Kemudian Anda dapat meminta atau persenan dari Keuntungan yang diperoleh dari transaksi tersebut.

Metode reseller ini sejatinya adalah merupakan metode yang tidak ada batasan. Dan hal ini sangat cocok bagi sobat yang tidak mempunyai modal banyak guna memulai usaha tersebut. Akan tetapi metode reseller ini dapat ditempuh.

Tips memulai metode bisnis reseller.

Dalam menjalankan sebuah usaha pastinya tidak bisa dihilangkan dengan yang namanya resiko. Ada berbagai macam Resiko yang mungkin saja terjadi termasuk dalam metode bisnis reseller ini. Namun tidak ada salahnya jika kita antisipasi ataupun identifikasi terlebih dahulu supaya hal-hal terburuk Bisa dihindarkan jika hendak memulai bisnis reseller ini.

Beberapa tips yang akan kami sampaikan berikut ini ini bisa dijalankan jika hendak memulai bisnis reseller agar nantinya terhindar atau minimal meminimalisir resiko kerugian yang akan Anda terima.

Karena itulah kami ingin menyampaikan beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya bisnis reseller yang anda jalankan akan dapat berjalan dengan lancar dan meminimalisir risiko kerugian  yang bisa saja terjadi.


Berikut ini adalah tips manjur yang mungkin dapat berguna bagi sobat yang hendak memulainya:

1. Sebelum memulai reseller ada baiknya anda menguasai dan memahami secara mendalam mengenai barang ataupun produk yang akan Anda tawarkan tersebut. Pengetahuan anda mengenai barang atau jasa tersebut akan sangat membantu pada saat memberikan presentasi kepada calon pembeli anda.

Hal ini akan sangat penting karena anda nantinya tidak akan salah membeli barang ataupun memberikan janji deadline kepada konsumen anda.

2. Sebaiknya Anda tidak perlu menyetok barang terlalu banyak jika Anda belum yakin dan permintaan barang belum terlalu banyak.

3. Kenali pangsa pasar dan hindarkan berjualan secara buta tentu saja hal ini akan merugikan Anda jika barang tersebut ternyata bukanlah barang yang laku di pasaran. Terlebih jika anda harus menyetok dalam jumlah yang sangat banyak tentu saja hal ini akan menjadi kerugian bagi anda.

4. Bekerjasamalah dengan penyedia atau supplier produk yang sudah terpercaya dan telah terbukti kualitasnya karena hal ini nanti akan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan anda. Karena jika salah memilih supplier penyedia barang ataupun jasa nanti kerugian atau komplainan dari konsumen Anda adalah menjadi tanggung jawab Anda pribadi.

5. Pastikan supplier anda mempunyai garansi serta kebijakan pengembalian barang. Hal ini menjadi sangat penting karena apabila pelanggan anda mempunyai masalah terkait dengan hal ini maka, anda juga bisa meminta garansi dari penyedia produk maupun jasa yang menjadi supplier anda terkait produk pengembalian barang atau jasa tersebut.

Tentu saja selain beberapa hal yang telah kami Sebutkan diatas,  Tentu saja Anda juga harus melakukan hal-hal umum lainnya yang termasuk dalam perencanaan suatu bisnis atau usaha sebut saja seperti menentukan harga jual yang pas dan tepat memilih pangsa pasar ataupun saluran yang sesuai dengan target barang ataupun jasa yang telah anda targetkan di awal perencanaan. Karena pemilihan audien atau pangsa pasar yang tepat tentu saja akan sangat membantu dalam proses penjualan dari produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Sasaran yang tepat tentu saja akan menjadi langkah yang sangat baik baik dalam meningkatkan omset anda.

Hal-hal diatas menjadi penting untuk diperhatikan karena memang pada dasarnya dalam menjalankan metode bisnis reseller tidak ada bedanya dengan bisnis bisnis pada umumnya.

pemasaran yang sesuai dengan target audiens, serta hal-hal lainnya yang wajib untuk anda siapkan dan perhatikan. Hanya saja dalam metode reseller ini maka anda tidak perlu memproduksi sendiri produk atau jasa tersebut.

Kesimpulan :

Dalam menjalankan sebuah usaha ataupun bisnis dengan apapun metode nya memang bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang.

Namun jika kita serius dan tekun dalam menjalaninya pasti pada suatu saat nanti kita akan mendapatkan hasil yang maksimal sebanding dengan perjuangan yang telah kita lakukan.

Ingatlah bahwa usaha tidak akan pernah menghianati suatu hasil. Hal ini tentu saja juga berlaku dalam metode reseller.

Jadi hal yang penting yang perlu kita lakukan adalah selalu berusaha pantang menyerah dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala kesuksesan siap kita raih.

Demikian ulasan singkat admin Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan jangan lupa share jika kalian suka dengan postingan agen87.com kali ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Copyright © 2016-2020 | www.agen87.com

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: